Prospek Saham Garuda Indonesia

Airbus 3303 penjamin emisi Garuda, yaitu: Danareksa Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan Bahana Sekuritas terpaksa membeli sisa saham GIAA senilai Rp 2,25 triliun dengan harga per lembar saham Garuda Indonesia “GIAA” Rp 750,-

Mereka membelinya dengan menggunakan hutang, dan harga saham GIAA sampai sekarangpun belum bisa menyentuh harga pada waktu IPO. Jadi ketiga sekuritas itu juga nyaris bangkrut dikarenakan masih mengalami floating loss, kena beban bunga, dan tidak bisa dijual.

Maka dari itu mereka, melalui Mentri BUMN ( Bapak Dahlan Iskan ) akan segera melepas sisa saham GIAA. Tetapi agar bisa melepas saham GIAA, dan menemukan pembeli tentu kinerja Garuda Indonesia harus diperbaiki terlebih dahulu agar ada pihak lain yang mau membelinya ( apalagi membeli secara premium 10% di atas harga pasar atau lebih tinggi dari harga IPO )

Tetapi kinerja GIAA untuk tahun 2011 memang membaik, dan iklim ekonomi sekarang memang lagi kondusif dan mendukung bisnis transportasi penerbangan.

Per akhir 2011, Garuda menorehkan laba usaha sebesar Rp 1,01 triliun. Laba bersih Garuda juga naik sebesar 56,07% y-o-y menjadi Rp 808,67 milliar. Kinerja bagus mereka ditunjang oleh pengadaan pesawat baru yang lebih hemat energi, penambahan jumlah penumpang, dan rute penerbangan baru yang banyak peminatnya dan menguntungkan.

Garuda juga terus mengembangkan pangsa pasar corporate sales, dengan cara bekerjasama dengan lebih 1.641 perusahaan di Indonesia. Terakhir Garuda sudah menandatangani MOU dengan Shell untuk keperluan transportasi karyawan Shell keluar dan masuk ke Indonesia.

Untuk tahun 2012 manajemen Garuda, lewat CEO Emirsyah Satar mengatakan “ pendapatan Garuda akan tumbuh sekitar 25,18% dari tahun 2011 menjadi Rp 34 triliun, laba bersih akan meningkat menjadi Rp 1 triliun atau sekitar Rp 66,1 per saham”. Didukung oleh peringkat surat utang Indonesia yang menjadi Investment Grade dan tumbuhnya masyarakat ekonomi kelas menengah.

Jika menggunakan metode valuasi secara konservatif yaitu PE 11x, maka harga wajar saham GIAA akan berada di Rp 725 per saham.

About pinarta
Independent stock analyst, investors, and educator.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: