Materi pada Ujian WPPE

Materi yang akan diujikan pada ujian WPPE:

  1. Undang – Undang Pasar Modal ( UU RI no.8 tahun 1995 & PP RI no.12 tahun 2004 ) –> 20%
  2. Kode Etik (20%)
  3. Pengetahuan tentang efek (20%)
    • Pasar Perdana & Sekunder
    • Jenis Resiko
    • Catatan harga ( permintaan / penawaran )
    • Derivatif
    • Pembelian dengan margin, resiko, dan keuntungan
    • Pengukuran Pasar: rata – rata & indeks
    • Kurva Hasil ( Normal & Terbalik )
    • Saham: Jenis & Karakteristiknya
    • Saham biasa & saham preferen serta karakteristiknya
    • Menilai Portfolio saham
    • Resiko dan hasil dari investasi pada saham biasa
    • Obligasi
    • Tingkat bunga kupon
    • Hasil Nominal
    • Hasil Investasi ( yield )
    • Konversi ( Harga dan rasio )
    • Pengaruh perubahan tingkat bunga secara umum atas harga obligasi pada pasar sekunder
    • Jenis – jenis reksadana
    • Pengelolaan reksadana
    • Perhitungan NAB
    • Penyelesaian Transaksi
    • Administrasi Reksadana
  4. Analisa Keuangan perusahaan (23%)
  5. Operasi dan Perdagangan Efek (17%)

About pinarta
Independent stock analyst, investors, and educator.

116 Responses to Materi pada Ujian WPPE

  1. lanzar says:

    maav gan.. ane minta contoh soal WPPE nya donk bisa g??
    sama kira2 berapa soal yg di ujikan…
    ane bener2 butuh nich gan.. di tunggu yah..

    ym : lanzar.zharz

    kirim ke email ane yah gan

    • pinarta says:

      Contoh soal WPPE bisa dilihat disini
      soal yang akan diujikan sebanyak 100 soal

  2. anto says:

    ma’af pk pinarta,,,tolong kiroim soal ujian WPPE full serta pembahasannya..email saya : mw.sumianto@yahoo.com
    klo ingin kursus/les tentang ini alamatnya dimana & berapa biayanya…

    • pinarta says:

      Dear Pak Anto, Terima kasih telah hadir dan memberikan comment pada blog saya yang sederhana ini.
      Lebih Bapak memulainya dengan mempelajari soal – soal WPPE dan pembahasannya yang ada pada blog saya ini agar bapak bisa mulai familiar dengan dunia saham.
      Oleh karena itu maka akan saya kirimkan cara memperoleh soal WPPE dan pembahasannya full ke email bapak. Terima Kasih.

  3. marcell says:

    pak pinarta,sy berminat utk terjun sbg pialang saham,,namun pengetahuan sy mash sgt terbatas,,oleh karena itu bisakah bpk mengirimkan sy soal2 WPPE dan juga pembahasannya agar dpt menambah pengetahuan sy.

    • pinarta says:

      Dear Marcell,
      Akan saya kirimkan cara untuk memperolehnya ke email anda. Thanks

  4. Ryan says:

    Pak Pinarta, saya berniat untuk mengambil lisensi WPPE pada November mendatang, bisakah Bapak menolong saya dengan mengirimkan contoh-contoh soal WPPE serta pembahasannya sebagai bahan pembelajaran. email: fad3r90@ymail.com, terima kasih

    • pinarta says:

      Dear Ryan,
      saya akan mengirimkan cara untuk memperolehnya ke email anda. thanks

  5. Edwin says:

    Yth. Pak Pinarta, saya kebetulan menemukan blog bapak sangat informatif mengenai pasar modal. Saya berminat untuk mengikuti ujian WPPE November mendatang, Kalo Pak Pinarta berkenan, bisakah Bapak menolong saya dengan mengirimkan materi dan contoh-contoh soal WPPE serta pembahasannya sebagai bahan pembelajaran. email: edz.rule2day@gmail.com, terima kasih banyak pak. Tuhan memberkati.

    • pinarta says:

      Dear Edwin,
      Thanks ya atas pendapat anda. Saya akan mengirimkan cara untuk memperoleh set tersebut ke email anda. Tuhan memberkati

  6. ferry says:

    Dear Pak Pinarta, boleh dong saya dikirimkan juga cara memperoleh soal WPPE dan pembahasannya full .terima kasih ya pak.

    • pinarta says:

      Dear Ferry,
      Boleh nanti segera saya kirimkan cara memperoleh soal soal ujian Pasar Modal dan pembahasannya dari Pinarta Blog ke email anda. Thanks.

  7. Destria Kurnianti says:

    Dear Pak Pinarta, saya juga minta tolong di kirimkan contoh soal dan pembahasannya ke email saya di phd.ds3a@gmail.com Pak? terimakasih sebelumnya.

    • pinarta says:

      Dear Destria,
      Saya akan kirimkan cara untuk memperolehnya soal full set tersebut ke email anda. Thanks

  8. Ricky says:

    Dear Pak Pinarta, sebelumnya sy ingin mengucapkam terima kasih untuk blog bapak ini. Sungguh sangat informatif sekali mengenai pasar saham. Apakah saya bisa mendapatkan materi tersebut lebih mendalam pak? Kalau bapak berkenan tentu saja, mohon dikirim ke ricky_indra87@yahoo.com

    Terima kasih atas perhatiannya pak
    Regards

    • pinarta says:

      Untuk materi ujian anda bisa lihat di link yang tersedia. Sedangkan untuk full set soal dan pembahasannya itu untuk dijual. Thanks.

  9. johan says:

    saya juga mau donk pak materi wppe beserta pembahasan/kunci2nya…tlg email di johan.darmadi@gmail.com

    • pinarta says:

      Dear Johan,
      Saya akan email cara untuk mendapatkannya. Thanks

      • johan says:

        blm diterima emailnya pak…..

        • pinarta says:

          Mohon maaf yg sebesar – besarnya ya Pak Johan. Dikarenakan banyaknya permintaan, sy sampai lupa membalas comment Pak Johan. Saya akan memberikan voucher spesial karena kelalaian saya ini. Terima kasih….

  10. ayyub says:

    pak Boleh, saya di email ke saya (ayyub.acc@gmail.com) cara mendapatkan full set soal ujian WPEE, apa ada juga soal WMI?
    trima kasih

    • pinarta says:

      Dear Ayyub,
      Cara mendapatkan full set soal akan segera saya kirimkan ke email anda. Ttp untuk sementara ini yg tersedia baru set soal WPPE, dan WMI. Thanks.

  11. hahahhaha says:

    gan, soal wwpe nya update ga? dapet apa ajah materi juga dapet kan? ga cman soalnya doang…ane ga bsa ngerti klo cman baca soal doang soalnya…
    kirim ke xerof_maximus@hotmail.com

    • pinarta says:

      Soal saya update dengan perkembangan terbaru. Kalo materi kan sudah bisa dilihat di bagian materi.
      Set soal itu didalamnya terdapat soal & pembahasannya.
      Demikian jawaban dari saya, smoga bisa berguna. Thanks

  12. Fauzy says:

    Pak, bagaimana cara untuk mendapatkan latihan soal ujian WPPE dan WMI? terima kasih

    • pinarta says:

      Dear Fauzy,
      Terima kasih atas perhatiannya, cara untuk memperoleh full set WPPE & WMI akan segera kami kirimkan via email ke inbox anda.
      Thanks.

  13. widyo says:

    Selamat siang pak pinarta, saya tertarik untuk mempelajari soal soal ujian WPPE dan WMI boleh pak saya di kirimkan contoh soal versi lengkapnya tersebut via e mail saya. trimaksih

    • pinarta says:

      Dear Widyo,
      Terima kasih atas kepercayaan anda bekerjasama dengan kami. Thanks!

  14. ana says:

    Selamat siang Pak Pinarta, saya tertarik untuk mempelajari soal ujian WPPE dan WMI, apakah boleh dikirimkan soal dan pembahasan versi terupdatenya ke email saya? Terima kasih banyak.

    • pinarta says:

      Dear Ana,
      Akan saya kirimkan cara untuk memperoleh set soal tersebut ke email anda.
      Thanks.

      • ana says:

        Dear Pak Pinarta,
        Apakah Bapak sudah mengirimkan emailnya? Karena saya cek di email saya, belum ada.
        Terima kasih.

        • pinarta says:

          maaf karena saya lama mengirimkan email ke anda.
          akan segera saya kirimkan email cara untuk mendapatkan set soal tersebut ke inbox anda.
          Terima Kasih atas perhatiannya.

  15. agus budiarto says:

    Selamat siang Pak Pinarta, saya akan ujian WPPE november nanti dan tertarik untuk mempelajari soal ujian WPPE dan WMI, apakah boleh dikirimkan soal dan pembahasan versi terupdatenya ke email saya? Terima kasih banyak.

    • pinarta says:

      Dear Agus,
      akan saya kirimkan cara untuk memperoleh set soal WPPE dan WMI dari Pinarta Blog ke email anda. Thanks

  16. muhammad says:

    Dear Pak Pinarta,
    saya juga mau donk pak materi wppe dan WMI beserta pembahasan/kunci2nya…tlg email di yg10030@gmail.com

    • pinarta says:

      Dear, Muhammad
      Akan saya kirimkan cara untuk memperoleh set soal tersebut beserta pembahasannya ke email anda. Thanks.

  17. Dear pak pinarta.

    Saya baru di dunia pasar modal dan ingin belajar banyak. Pembelajaran apa saja yang harus saya tempuh agar dapat lolos ujian wppe sampai dengan wmi? Terima kasih banyak

    • pinarta says:

      Dear, dicka
      Saya sarankan anda sebaiknya mulai dari materi WPPE, daripada WMI karena cenderung lebih mudah. Anda bisa mulai dari peraturan ttg Pasar Modal, mekanisme perdagangan saham, ekonomi, laporan keuangan perusahaan, dll. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat di blog ini, di bagian materi ujian WPPE atau WMI. Terima kasih.

  18. Marthasari Larasati says:

    Pak,bisa kah saya meminta full set contoh soal ujian wppe dan wpee?

    • pinarta says:

      Dear, Martha
      akan saya kirimkan cara untuk memperoleh set soal tersebut ke email anda. thanks

  19. Asri says:

    Pak, bolehkah kah saya meminta full set contoh soal ujian wppe dan wpee?
    blog in sangat bermnafaat, terima kasih.

    asri027@gmail.com

    • pinarta says:

      Dear Asri,
      maaf lama replynya… saya akan kirimkan cara untuk memperoleh set soal tersebut ke email anda. thanks

  20. rino says:

    Pak, bolehkah kah saya meminta full set contoh soal ujian wppe?
    terima kasih.
    rinogalangprabowo07@gmail.com

    • pinarta says:

      Dear Rino,
      Akan kami kirimkan cara untuk memperoleh set soal WPPE dari Pinarta Blog ke inbox anda. Thanks

  21. theo says:

    Pak, apakah saya bisa mendapat contoh soal untuk wppe??
    karena saya sudah melamar untuk menjadi broker, namun ternyata syaratnya harus sudah memiliki profesi.
    email saya theofilus.andre@gmail.com

    terima kasih banyak pak..

    • pinarta says:

      Dear, Theo
      Akan sy kirimkan cara utk memperoleh set soal tersebut ke email anda. Tks.
      Yup, utk dapat melamar menjadi broker anda harus sudah lulus ujian WPPE. Anda melamar di perusahaan sekuritas mana?

  22. Budi says:

    pak , klo blh saya ingin minta contoh soal ujian wppe beserta pembahasannya…klo berkenan tolong dikirim ke email saya antiimahoo07@gmail.com

    • pinarta says:

      Dear, Budi
      Akan sy kirimkan cara untuk memperoleh set soal tersebut. Tks

  23. Maria says:

    pak saya minta tolong soal dan pembahasannya
    thanks

    • pinarta says:

      dear, Maria
      akan saya kirimkan cara untuk memperoleh set soal dan pembahasannya ke email anda. thanks

  24. Maria says:

    pak saya minta tolong kirimkan soal wppe dan pembahasannya ke email saya: mkesa14@gmail.com
    thanks

    • pinarta says:

      Dear, Maria
      Akan segera kami kirimkan cara untuk memperoleh set soal tersebut ke email anda. Thanks

  25. metabella says:

    pak saya juga ush brapa kali melakukan try out sendiri dgn soal” yg ada di blog bpk,tapi kalo sekiranya ada yg full contoh” nya boleh saya minta tolong dikirim ke email saya jg pak? terimakasih sebelumnya pak.semoga berkah ilmu nya pak

    • pinarta says:

      Dear, Meta
      saya akan kirimkan cara untuk bisa mendapatkan full set soal ujian Pasar Modal ke email anda. thanks.

    • pinarta says:

      Dear, Metabella
      Saya akan kirimkan cara untuk memperoleh full set soal ujian Pasar Modal ke email anda. Thanks.

  26. rezky afdhal darmadjid says:

    pak saya juga boleh donk pak, kirimkan cara untuk memperoleh full set,,, soal dan pembahasan, WPPE dan WMI, kirim ke email sya rezkyafd@yahoo.co.id

    • pinarta says:

      Dear Rezky,
      akan segera saya kirimkan cara untuk memperoleh set soal ujian Pasar Modal ke inbox anda.
      thanks

  27. karsono says:

    Selamat Sore Pak, bolehkah saya meminta full set contoh soal ujian wppe dan WMI?
    blog ini sangat bermanfaat, terima kasih.

    sweetdream_day@yahoo.com

    • pinarta says:

      dear, Karsono
      akan saya kirimkan cara untuk memperoleh set soal ujian WPPE & WMI ke email anda.
      terima kasih atas kunjungan anda.

  28. sofian says:

    Selamat Siang Pak, bolehkah saya meminta full set contoh soal ujian wppe?
    terima kasih.

  29. sofian says:

    Selamat Siang Pak, bolehkah saya meminta full set contoh soal ujian wppe?
    terima kasih.
    sofian.alghozie@gmail.com

    • pinarta says:

      dear, Sofian
      akan kami kirimkan cara untuk memperoleh full set soal WPPE dari Pinarta Blog ke email anda. thanks

  30. dwimaulanasari@gmail.com says:

    sore p.pinarta
    Saya mntatlg dikrm materi dan soal WPPE beserta pembahasannya,,,ke gmail saya ya pak dwimaulanasari@gmail.com
    sblmnya saya ucapkn byk trimakasih…

    • pinarta says:

      Dear, Dwimaulanasari
      akan saya kirimkan cara untuk memperoleh set soal WPPE ke inbox anda. thanks

  31. Ozzie says:

    pak winarta saya minta tolong dikirimkan soal WPPE beserta pembahasannya… mmozzie02@gmail.com Tuhan memberkarti Pak anda sangat informatif

    • pinarta says:

      Dear, Ozzie
      Akan kami kirimkan cara untuk memperoleh set soal WPPE beserta pembahasannya ke email anda. Thanks.

  32. dedi utomo says:

    saya ingin minta soal-soal yang berkaitan dengan ujian wpee, thanks, ini email saya: dedikarangtengah@gmail.com

    • pinarta says:

      Dear, Dedi
      Akan kami kirimkan cara untuk memperoleh set soal WPEE ke inbox anda. Terima kasih.

  33. Vin says:

    selamat siang Pak Pinarta,blog Bapak sangat informatif bagi orang yang ingin belajar pasar modal. Jika berkenan saya minta tolong di-email set soal beserta pembahasan WMI dan WPPE ke vphnsa@gmail.com. Terima kasih banyak.

    • pinarta says:

      Dear, Vin
      Terima kasih atas kedatangan anda pada blog kami yang sederhana ini. Akan kami kirimkan cara untuk memperoleh set soal WPPE & WMI ke email anda. thanks.

      • Aditia says:

        Selamat Pagi Patolong di Email dong Pa ke saya materi saol WPPE ke Aditia_67@yahoo.com

  34. Ningrum says:

    Dear Pak Pinarta,

    Saya tertarik untuk ikut ujian WPPE. Untuk itu mohon kiranya agar dapat mengirimkan contoh-contoh soal WPPE serta pembahasannya sebagai bahan pembelajaran untuk mengikuti ujian berikutnya. Bapak dapat kirimkan ke wahyuningrum.rachmat@yahoo.com.
    Thanks

    • pinarta says:

      Dear, Ningrum
      Maaf saya baru bisa balas comment anda.
      Saya akan mengirimkan cara untuk memperoleh set soal WPPE ke email anda. Thanks.

  35. seno says:

    Dear Pak Pinarta,

    Saya tertarik untuk ikut ujian WPPE. Untuk itu mohon kiranya agar dapat mengirimkan contoh-contoh soal WPPE serta pembahasannya sebagai bahan pembelajaran untuk mengikuti ujian berikutnya. Bapak dapat kirimkan ke seno.arrayan@yahoo.com

    • pinarta says:

      Dear, Seno
      Akan kami kirimkan cara untuk memperoleh set soal wppe tersebut ke inbox anda. Thanks.

  36. Dear Pak Pinarta,

    Saya berminat untuk ikut ujian WPPE dan WMI, mohon kirimkan cara untuk memperoleh set soal tersebut ke email saya diasworo@gmail.com

    Terimakasih

    • pinarta says:

      dear, Ahmad
      akan segera saya kirimkan cara untuk memperoleh set soal tersebut. thanks

  37. Irfan Fauzi says:

    Dear Pak Pinarta
    Mohon saya dikirimi soal wppe dan wpee ke email saya irfan.rezo@gmail.com. Matursuwun

    • pinarta says:

      dear, irfan
      akan kami kirimkan cara untuk memperoleh set soal tersebut dari blog ini. thanks

  38. Mulyana says:

    Dear Pak Jimmy,

    Mohon kiranya agar dapat mengirimkan contoh-contoh soal WPPE serta pembahasannya sebagai bahan pembelajaran untuk mengikuti ujian selanjutnya. Bapak dapat kirimkan ke email aymu19@yahoo.co.id
    thanks sebelumnya

    • pinarta says:

      Dear, Mulyana
      Akan kami kirimkan cara utk memperoleh set soal wppe ke inbox anda. Thanks.

  39. Imam Adhisuryo says:

    Bagaimana pak cara mendapatkan contoh soal WPPE full satu set.
    atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.
    email saya : imamadhisuryo21@yahoo.co.id
    Salam,

    • pinarta says:

      Dear, Imam
      Cara untuk mendapatkan full set wppe akan kami kirimkan ke inbox anda. Thanks

      • Septian says:

        Dear pak pinarta,,,
        Sya tertarik dengan ujian wppe ini, kalau boleh, sya juga minta di kirim contoh soal wppe full set beserta pmbahasanha, di email sya : septiandc6@gmail.com
        Terimakasih bnyak sblmnya…!!!!

        • pinarta says:

          dear, Septian
          full set soal beserta dng pembahasannya itu untuk dijual. thanks!

  40. Ahmad says:

    Pagi pak pinarta, bisa tanya pak bagaimana cara mendapatkan contoh soal WPPE atau WMI full satu set. Saya ingin belajar lebih tentang WPPE dan WMI.
    email saya : ahmadfaiz1412@gmail.com
    Salam,

  41. Ahmad says:

    Selamat Pagi pak pinarta, saya mau bertanya pak bagaimana cara mendapatkan contoh soal WPPE dan WMI full satu set. Saya ingin berlajar lebih lanjut tentang WPPE dan WMI
    email saya : ahmadfaiz1412@gmail.com
    Salam,

    • pinarta says:

      dear, Ahmad
      full set soal beserta dengan pembahasannya itu untuk dijual.
      thanks.

  42. ricky wijaya s says:

    pak saya boleh minta soal set test wppe . saya rencana setelah lulus sidang mau ikut test wppe tq . bisa di kirim ke rickywijaya_setyadi@yahoo.com
    terima kasih

    • pinarta says:

      dear, Ricky
      full set soal beserta dng pembahasannya itu untuk dijual. thanks

  43. Septian says:

    Dear pak pinarta,,,
    Sya tertarik dng ujian wppe, kalau boleh sya jga mnta di kirimkan contoh soal wppe full set plus pembahasanya, di email saya ; septiandc6@gmail.com
    Terimakasih….

    • pinarta says:

      Dear, Stanley
      Akan kami kirimkan cara untuk memperoleh set soal tersebut ke email anda. Thanks.

  44. Septian says:

    Dear pak pinarta,
    Sya tertarik dengan ujian wppe tsb,, kalau boleh sya juga minta di kirimkan contoh soal ujian wppe full set plus pembahasanya, di kirim di email saya : septiandc6@gmail.com
    Terimakasih….

    • pinarta says:

      Dear, Dwi
      Akan kami kirimkan cara utk memperoleh full set soal beserta dng pembahasannya ke email anda. Thanks

  45. Septian says:

    Dear pak pinarta,
    Sya ter5arik dng ujian wppe, kalau boleh sya jga mnta di kirimkan soal + pmbahasanya ujian wppe di email saya: septiandc6@gmail.com
    Terimakasih…

    • pinarta says:

      Dear, Septian
      Akan sy kirimkan cara utk memperoleh set soal tersebut ke inbox anda. Thanks.

  46. Septian dwi cahyo says:

    Dear pak pinarta,
    Sya ter5arik dng ujian wppe, kalau boleh sya jga mnta di kirimkan soal serta pmbahasanya ujian wppe di email saya: septiandc6@gmail.com
    Terimakasih…

    • pinarta says:

      Dear, Septian
      Akan kami kirimkan cara untuk memperoleh full set wppe tersebut ke inbox anda. Thanks.

  47. Marcellinus Tommy says:

    Dear Pak Pinarta,

    Saya berminat untuk ikut ujian WPPE,Untuk itu mohon kiranya agar bapak dapat mengirimkan contoh-contoh soal WPPE serta pembahasan materinya sebagai bahan pembelajaran saya,Bapak dapat kirimkan ke tom_marcell@yahoo.com.

    • pinarta says:

      Dear, Tommy
      Akan sy kirimkan cara utk memperoleh set soal tersebut ke inbox anda. Tq

  48. Marcel Tommy says:

    Dear Pak Pinarta,

    Saya tertarik untuk ikut ujian WPPE. Untuk itu mohon kiranya agar Bapak dapat mengirimkan contoh-contoh soal WPPE serta pembahasan materinya sebagai bahan pembelajaran untuk mengikuti ujian berikutnya. Bapak dapat kirimkan ke tom_marcell@yahoo.com

    • pinarta says:

      Dear, Tommy
      Contoh dapat anda lihat di blog saya. Utk cara mendapatkan full set soal WPPE akan kami kirimkan ke inbox anda. Thanks.

  49. berliana says:

    Dear Pak Pinarta
    saya saat ini sedang membutuhkan beberapa contoh soal untuk ujian WPPE. Untuk itu saya mohon untuk Bapak berkenan memberikan contoh soal serta pembahasannya kepada saya. melalui email berlibolon@gmail.com

    • pinarta says:

      Dear, Berliana
      Untuk contoh bisa anda lihat secara gratis di blog saya. Thanks.

  50. dnmaru says:

    Dear Pak Pinarta

    saya membutuhkan full set soal soal untuk ujian WPPE. Untuk itu saya mohon untuk Bapak berkenan memberikan full set soal serta pembahasannya kepada saya. melalui email dnmaru@yahoo.com

    • pinarta says:

      Dear, Maru
      Akan sy kirimkan cara utk memperoleh set soal WPPE dari Pinarta Blog ke email anda.
      Thanks.

  51. Ridwan says:

    Pak Panirta saya ining tahu bagaimana cara mendapatkan soal wppe sekaligus pembahasannya. Tolong infokan saya di email ridwan.sputra1994@gmail.com

    Terima kasih

  52. rena says:

    Selamat malam Pak Panirta, kalau boleh saya ingin meminta soal wppe beserta pembahasannya ke email saya pak renamegawati4@gmail.com . Terimakasih

    • pinarta says:

      Dear Rena,
      Set soal WPPE beserta dng pembahasannya itu untuk dijual.
      Thanks.

  53. Rizal says:

    Pak saya ingin membeli soal wppe dan pembahasanyq, bgaimna caranya yah

    • pinarta says:

      Dear, Rizal
      Terima kasih atas ketertarikan anda. Caranya akan kami kirim lewat inbox. tq

  54. Rizal says:

    Cara membeli soal wppenya gmna, btuh neh ??

  55. nadia says:

    sore pak pinarta, bisa tanya pak bagaimana cara mendapatkan contoh soal WPPE atau WMI full satu set. Saya ingin belajar lebih tentang WPPE dan WMI.

    • pinarta says:

      Dear, Nadia
      Boleh, cara memperolehnya akan kami kirimkan ke inbox anda ya. Tks.

  56. halo selamat siang pak pinarta, saya syifa mau tanya2 mengenai pembelajaran wppe. itu utk ikut sertifikasi wppe itu apakah ada skolah nya pak? semacam tempat kursus gt apa ada? dan materi nya itu persis seperti yang dijelaskan di web ini ya pak. mohon bantuannya, trims

    • pinarta says:

      Dear, Syifa
      Sepertinya ada tempat kursus tersebut. Anda juga bisa mempelajarinya dng berlatih soal & pembahasan yg kami berikan disini.
      Thanks.

Leave a Reply

